Advertisement here

Apa itu Produktif? Produktif adalah ...


Apa itu produktif? Produktif itu adalah kegiatan yang bisa menghasilkan barang atau sesuatu hal yang banyak secara jumlah dan bermanfaat. Ini menurut saya.

Banyak orang merasa dirinya tidak produktif. Kenapa begitu? Bisa jadi disebabkan banyak hal. Salah satunya adalah tidak tahu apa itu produktif. Mengetahui makna produktif produktif adalah satu hal yang penting agar lebih mudah dalam mendapatkan hal produktif dalam keseharian kita. 

Asal kata Produktif

Perlu diketahui produktif itu berasal dari bahasa inggirs yakni “productive” yang merupakan pengembangan dari kata “product” yang berati hasil. Dari makna kata ini sebenarnya kita sudah bisa menyimpulkan bahwa produktif itu terkait dengan hasil. Bisa kita buat definisi bahwa produktif adalah kegiatan yang menghasilkan sesuatu. 

Produktif Menurut KBBI

Mari kita lihat pengertian produktif menurut kamus bahasa Indonesia. 
1.bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar)
2.mendatangkan (memberi hasil, manfaat, dan sebagainya); menguntungkan:
3.mampu menghasilkan terus dan dipakai secara teratur untuk membentuk unsur-unsur baru:

Jika melihat dari pengertian di atas, produktif terdiri dari tiga unsur yakni ada hasil, jika bisa dalam jumlah besar. Bagamana jika ada hasil tetapi jumlahnya tidak besar? Saya kira itu juga masih termasuk dalam kategori produktif. 

Produktif itu menghasilkan sesuatu dan menghasilkan sesuatu itu membutuhkan waktu. Bisa jadi waktu yang diberikan terlalu sedikit sehingga hasilnya juga sedikit apalagi jika pekerjaan yang diberikan cukup rumit dan kompleks yang membutuhkan waktu lebih banyak.

Yang kedua adalah hasil tersebut bisa memberikan manfaat baik secara moral dan atau material. Produk yang dihasilkan bisa memberi manfaat ke kastamer, sehingga kastamer tersebut membeli dan memberikan keuntungan untuk perusahaan yang memproduksi barang tersebut. Disisi lain kastamer terbantu dengan ada barang tersebut sehingga bisa menyelesaikan masalah di rumahnya.

Yang ketiga adalah keberlanjutan manfaat. Manfaat yang dihasilkan tidak hanya sampai pada pelanggan saja tetapi bisa juga memberikan efek kepada pelanggan untuk melakukan hal lainnya.

Produktif Menurut Saya

Setelah melihat berbagai macam definisi di atas, saya punya pendapat saya sendiri tentang produktif. Menurut saya produktif itu adalah tercapainya target dengan melakukan hal yang seharusnya kita lakukan.

Terkadang saya mempunyai target tertentu, tetapi juga terkadang ada hal lain diluar target (bukan target utama) untuk dikerjakan. Dan dengan terpaksa mengerjakan pekerjaan lain itu sehingga target utama tidak selesai. 

Prioritas tugas saya berubah, pekerjaan lain yang memang harus dikerjakan meskipun bukan tugas dan target utama. Dan saya mencapainya atau menyelesaikan pekerjaan saya itu. 

Apakah saya tidak produktif? Ya menurut saya sih saya masih bisa dikatakan produktif. Ini karena saya tetap mengerjakan tugas dan menyelesaikannya.  

Terus bagaimana jika tidak semuanya selesai? Memang tidak semuanya harus selesai, kan waktu yang kita miliki terbatas. So, sangat penting untuk menentukan prioritas terlebih dahulu dan menjadwalkan semua kegiatan dan tugas-tugas.

Produktif menurut saya tidak hanya sekedar menghasilkan barang tetapi juga harus ada  kebermanfaatan dan efek positif yang berantai. Efek positif  yang sambung menyambung.

Tugas yang telah saya selesaikan akan memberikan manfaat kepada atasan saya sehingga bisa menjadi dasar keputusan atau kebijakan perusahaan untuk menentukan langkah dan strategi selanjutnya.

Produktif Menulis

Demikian juga dalam hal menulis, produktif menulis itu menghasilkan tulisan sebagai hasil akhirnya. Tentunya tulisan ini harus bisa mendatangkan manfaat bagi yang membacanya. Tentunya dalam proses menghasilkan tulisan itu diperlukan waktu untuk membaca referensi, menganalisa masalah, memberikan argumen, solusi, dll. 

Tugas atau pekerjaan lain untuk mendukung dalam pembuatan tulisan akan mempermudah penyusunan tulisan. Tugas atau pekrjaan tersebut termasuk dalam kategori hal produktif karena menunjang untuk menuju dan mencapai target utama, yakni sebuah tulisan yang menggugah dan berdampak.

Kesimpulan

Produktif itu kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang berdampak positif yang berkelanjutan yang mana kegiatan atau tugas tersebut juga sudah sesuai menuju target yang diharapkan. Apapun kegiatannya, di rumah, dikantor, dimanapun.

Demikian arti produktif menurut saya. Bagaimana menurut Anda?
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here