Advertisement here

Cara Membaca Cepat dan Paham


"Membaca cepat bisa paham..? Kok bisa. Membaca dengan cara biasa saja belum tentu paham, ini pakai cara membaca cepat? tidak mungkin."

Itu adalah pertanyaan yang pertama kali ada di dalam pikiran saya saat mendengar kata membaca cepat. Membaca cepat berarti meningkatkan kecepatan membaca berapa banyak kata yang dapat dibaca setiap menitnya.

Terkadang dengan membaca biasa saja dengan kecepatan membaca kata yang rendah belum bisa mencapai tujuan membaca yakni memahami isi bacaan, apalagi dengan membaca cepat, yang tentunya mempunyai risiko untuk tidak paham yang lebih tinggi. 
 
Hal inlah yang saya takutkan dalam membaca buku. Selain itu juga dapat mengurangi kesenangan membaca buku dan menurunkan motivasi membaca.

Membaca cepat juga bisa paham. Tentunya dengan syarat dan kondisi tertentu, yakni sudah dipraktikkan dan sudah dibiasakan. Langkah membaca cepat yang paling penting adalah mempraktikkannya dan menjadikannya kebiasaan sehingga anda akan terlatih untuk membaca cepat.

Tidak mengapa jika saat pertama kali membaca cepat terjadi ketidakpahaman tentang isi buku yang anda baca. Anda bisa menurunkan kecepatan baca anda tetapi dengan tetap memperhatikan teknik membaca cepat. Anda tidak perlu takut untuk gagal paham, cukup break sebentar dan kemudian ulangi kembali bagian bacaan yang tidak paham dengan menurunkan kecepatan membaca.

Bagaimana cara membaca cepat dan tetap bisa paham? Kembali lagi ke masing masing orang karena setiap orang itu berbeda. lakukan kegiatan membaca dengan cara anda sendiri. Jika memang perlu, pelajari teknik membaca cepat dan praktikkan sesuai yang anda pahami dan anda bisa. Anda akan menemukancara membaca cepat dan paham versi anda sendiri.

Selamat membaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here