Advertisement here

Teknik Membaca Cepat


Teknik membaca cepat, bisa juga disebut cara membaca cepat atau ada yang bilang metode membaca cepat yang bagaimana yang dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat. Di luar sana banyak sekali teknik membaca cepat atau cara membaca cepat, tetapi disini saya akan berbagi teknik membaca cepat yang saya gunakan.

Langsung saja, bagaimanakah teknik membaca cepat yang saya gunakan? Silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini.

1. Berdoa dulu

Ya, berdoa terlebih dahulu. Dalam ajaran agama saya, setiap memulai kegiatan apapun diawali dengan berdoa terlebih dahulu. Dengan berdoa anda akan menjadi lebih tenang dan lebih berfokus. 
 
Berdoa akan mengaktifkan gelombang otak anda menjadi lebih bisa menerima aliran informasi dengan lebih banyak dan dengan penerimaan yang lebih baik. 
 
Semakin anda tenang, anda akan semakin berfokus dan semakin bisa menyerap informasi dari buku yang anda baca.

2. Baca per frase kata

Membaca biasanya dilakukan dengan cara membaca perkata. Hal ini membuat membaca menjadi lama dan melelahkan.
 
Cobalah membaca perfrase kata atau  gabungan dari beberapa kata. Memang tidak mudah saat pertama kali melakukannya tetapi dengan cara ini anda akan lebih cepat membaca jika dibandingkan dengan membaca per kata.
 

3. Baca ringkasan buku, kata pengantar, dan daftar isi

Pada sebuah buku biasanya terdapat ringkasan isi buku pada bagian cover balakang. Bagian inilah yang biasanya mnembuat pembaca tertarik untuk membaca buku dan bahkan membelinya. Salah satu keputusan membeli buku yang saya ambil adalah saat saya membaca bagian ini.

Kata pengantar penulis juga perlu dibaca kerena penulis bisanya menyatakan maksud dan tujuannya menulis buku tersebut. Dengan mengetahui maksud dan tujuan dari penulis, akan membantu kita sebagai dasar berfikir tentang buku tersebut.

Selanjutnya adalah daftar isi. Pada bagian ini terdiri dari poin-poin yang menjadi tumpuan pemikiran penulis. Dulu saya paling males membaca daftar isi. Ternyata daftar isi ini bisa membantu memberikan gambaran isi buku.

4. Kebiasaan

Setelah mempelajari teknik membaca cepat, saya merasa hal yang paling penting adalah kebiasaan. Dengan mengetahui banyak teknik membaca cepat, tidak menjamin anda akan mendapatkan cara membaca cepat yang bisa membuat anda membaca cepat.
 
Ada banyak teknik dan cara membaca cepat, tetapi hal yang sia-sia jika tidak dipraktikan. Dengan mempraktikan secara rutin sehingga bisa menjadi kebiasaan membaca, maka secara otomatis teknik membaca cepat tersebut telah dilakukan.

Mungkin hanya ini teknik membaca cepat yang saya pahami dan biasa saya gunakan. Bila ada tambahan, silahkan berkomentar ya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here