5 Cara agar Tetap Produktif Setiap Hari



Malas itu hal yang wajar terjadi pada manusia. Apalagi pada saya yang sering "angin-anginan". Saya menyadari kemalasan ini tidak boleh terus berlanjut. Saya harus tetap bisa produktif. 

Tetap berpikiran positif. Saya merasa ini adalah kunci awalnya. Sering kali saat bangun tidur saya masih menyisakan beberapa pikiran yang tidak positif, alhasil saya tidak terlalu bersemangat.

Berdoa bisa menjadi salah satu cara atau bahkan ini adalah cara utama untuk bisa menghapuskan pikiran negatif. Sebagai seorang muslim, tentunya tidak akan lepas dari berdoa. Berdoa ini akan menarik energi positif dan menjauhkan energi negatif. Berdoa ini adalah langkah awal untuk bisa tetap produktif.

Sekarang saya akan lanjutkan ke cara selanjutnya bagaimana agar tetap bisa produktif. Saya merasa beberapa hal ini bisa dilakukan untuk tetap produktif:

Buat Rencana Harian

Mulailah hari dengan membuat daftar tugas (to do list) yang perlu diselesaikan dan prioritasnya. Saya biasa menggunakan aplikasi google keep untuk membuat to do list. Aplikasi lain pun bisa digunakan bahkan menggunakan buku tulis biasa pun tidak masalah.

Tetapkan Jadwal Kerja

Atur jadwal kerja secara konsisten dan jelas untuk membatasi gangguan dan meningkatkan fokus. Untuk jadwal, saya lebih sering menggunakan aplikasi google calendar. Saya membuat jadwal dan mem-plot waktu (time blocking) di google calendar sehingga saya tahu apa saja kegiatan saya dan apakah kegiatan tersebut saling bertumpuk atau tidak.

Istirahat dengan Tepat

Gunakan teknik seperti metode Pomodoro untuk bekerja selama periode waktu tertentu dan istirahat sejenak. Sering kali saat bekerja saya lupa waktu. Bekerja terus menerus di depan komputer berjam-jam akan memberikan efek buruk bagi tubuh. Sering kali saya merasa kurang nyaman seperti pusing dan mual. Dengan menggunakan metode pomodoro mungkin 25 menit bekerja 5 menit break, akan dapat meminimalkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Jaga Kesehatan

Ini adalah yang paling penting menurut saya. Pastikan tidur cukup, makan dengan sehat, berolahraga, dan jangan lupa luangkan waktu untuk bersantai. Kesehatan yang harus dijaga tidak hanya kesehatan fisik tetapi kesehatan mental juga. Kembali pada awal tulisan ini yaitu jangan lupa berdoa.

Hindari Multitasking

Fokus pada satu tugas untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Memang dengan menjalankan satu pekerjaan saja akan membuat kita bisa maksimal dalam mengerjakannya. Jika memiliki banyak pekerjaan yang juga harus diselesaikan maka memilah prioritas adalah salah satu solusi agar tidak multitasking.

Jika saya memiliki banyak pekerjaan, yang saya lakukan adalah mendahulukan yang prioritas, yang urgen, penting dan mengerjakannya dengan cepat sehingga setelah selesai saya bisa melanjutkan ke pekerjaan berikutnya.

Saya kira itu beberapa tips, cara yang saya lakukan agar tetap bisa produktif. Mungkin ada tambahan dari teman-teman, silakan di komen ya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url