Advertisement here

Bagaimana Konsisten Menulis

Bagaimana agar konsisten menulis? Sebuah pertanyaan "bodoh" yang terlontarkan oleh saya kepada diri saya sendiri yang bercita-cita menjadi penulis.

Jika sudah berkeinginan, bercita-cita untuk menjadi penulis maka tentu harus menulis setiap hari. ya, jawabannya hanya menulis setiap hari (diiringi dengan membaca juga ya, karena menulis tidak lepas dari membaca).

Apa saja yang bisa dilakukan untuk bisa menulis setiap hari?

Punya alat untuk menulis

Punya alat untuk menulis ini wajib saya kira. Saya kira semua orang punya smartphone, dan mungkin juga laptop.

Setiap ada ide saya catat dismartphone atau langsung dilaptop. Di smartphone biasanya saya menggunakan aplikasi notes, google keep. 

Jika sedang membuka laptop maka saya bisanya membuat file ms word baru dan mengetikkan ide apa yang sedang terlintas saat itu. Lakukan semua itu dengan segera ya, soalnya biasanya akan lupa jika sudah ditumpuki dengan kegiatan lainnya.

Catat ide tulisan atau apapun itu yang sekiranya perlu ditulis.

Ide yang dicatat bisa apa saja. Mungkin judul untuk artikel, mungkin juga topik untuk artikel.

terkadang saat membaca buku kita menemukan quote yang menari, tentunya itu bisa dicatat untuk bahan tulisan nantinya.

Catat apun yang perlu dicatat, yang menarik untuk dicatat dan sekiranyan itu bisa berguna untuk menjadi referensi tulisan.

Buat target tulisan dan posting di blog

Ya pada intinya buat target, tidak harus untuk posting di blog. Saya lebih suka membuat target untuk posting di blog, meskipun juga sering molor dari target.

dengan adanya target akan membuat saya lebih bersemangat, lebih terarah dalam menulis. 

B uat saja target yang sekiranya bisa menyemangati dan menjadikan lebih memotivasi dalam menulis. 

Tapi perlu diingat juga targetnya harus realistis alias masuk akal untuk dicapai. jika terlalu besar dan berat targetnya dan tidak tercapai malah akan membuat down.

Tulisan jelek tidak apa-apa

Semua orang yang menulis pastinya ingin tulisannya bagus, dibaca, dan disukai. Sebenarnya untuk yang baru saja mulai menulis seperti saya, saya merasa itu tidak penting. 

Bagus tidaknya tulisan itu bukan urusan penulis. Itu kan selera pembaca. Yang penting menulis dulu sajikan tulisan yang terbaik yang bisa kita lakukan saat ini. Itu saja sudah cukup.

Jika memang merasa perlu ada yang diperbaiki, lakukan sambil jalan. Ya tetap belajar dan belajar.

Kesimpulannya

Lakukan apapun yang membuat menulis setiap hari, lakukan yang membuat senang untuk menulis. Jika suka pamer tulisan di blog, ya buat blog dan posting tulisan di blog. 

Turunkan ekspektasi, memang tulisan diawal-awal akan terasa jelek, tidak nyambung antar kalimatnya, its Okey, tidak usah ragu, tulis saja edit sebentar dan posting. Lama-lama juga jadi tahu bagian mana yang harus di-improve atau diperbaiki.

Tetap menulis, tetap belajar menulis.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here