Advertisement here

Cara Membuat Kopi Tubruk Paling Enak ala Saya


Kopi selalu menjadi pendamping saya dalam setiap pekerjaan entah itu di rumah ataupun di kantor. Dengan minum kopi saya merasa ada semangat tersendiri sehingga bisa bekerja dengan nyaman. Biasanya karena banyaknya pekerjaan maka saya membuat kopi dengan cara yang mudah. 

Cara membuat kopi ada berbagai macam. Yang paling gampang dan familier di telinga saya adalah kopi tubruk. Karena ini adalah cara membuat kopi yang paling gampang dan karena itulah mungkin sudah dilakukan di rumah atau di warung kopi tradisional, maka saya akan berbagi cara bagaimana membuat kopi tubruk yang paling enak menurut saya. 

Ini menurut saya lho ya, mungkin enak buat saya, belum tentu enak buat Anda.

Dari namanya, kopi tubruk, yang intinya adalah proses membuat kopi dengan cara menubrukkan atau menabrakkan kopi dengan air secara langsung. Sangat simple dan mudah.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam mebuat kopi tubruk ala saya ini. Takaran kopi, Suhu air, dan Jumlah air.

Kopi yang Saya gunakan

Kopi yang saya gunakan adalah kopi yang biasa ditemukan di minimaket atau warung klontong dekat rumah. Anda bisa menggunakan kopi lainnya yang mungkin sudah menjadi favorit Anda.

Takaran kopi

Saya biasanya menggunakan takaran 2 sentok teh tidak penuh.

Suhu air

Disini saya tidak punya termometer untuk mengukur suhu air. Saya biasa menggunakan teko elektrik untuk membuat air panas. Saat air sudah panas dan teko sudah selesai memanaskan air biasanya saya langsung menuangkannya ke dalam kopi. 

Dari beberapa pengalaman saya, sayalebih suka langsung begini. Saat air sudah mendidih langsung saja siram ke dalam kopi. Saya merasa hal ini lebih bisa membuat kopi terekstrak lebih. Rasa dan aromanya bisa lebih keluar.

Volume air

Jumlah air yang dituangkan ke dalam kopi, biasanya sesuai dengan cangkir kopi pada umumnya. Saya pernah mengukur cangkir kopi yang saya gunakan itu sekitar 150 ml.

Perlu di aduk

Ya, saya melakukan pengadukan sebentar sampai semua bubuk kopi tercampur dan kontak dengan air panas. Sebelum diaduk saya diamkan dulu kopi yang sudah dituangkan air panas tadi mungkin sekitar 1 menit, baru kemudian diaduk.

Diamkan sejenak

Setelah diaduk diamkan sejenak sampai suhu kopi sudah tidak terlalu panas atau sampai panasnya turun sedikit sehingga bisa diminum.

Demikian kopi tubruk ala Saya, yang menurut saya paling enak. Silahkan dicoba.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here