Advertisement here

5 Dompet Digital yang paling Banyak Dipakai

"Sudah pakai dompet digital? Pastinya sudah lah ya. Hari gini kok belum mencicipi mudahnya belanja belanja. Emangnya tinggal dimana?"

Apa itu e-Wallet

E-wallet atau dompet digital itu ya seperti dompet tapi digital. Karena digital tentunya menggunakan aplikasi dan ter-install pada smartphone. Dan uang kita secara digital ada di aplikasi tersebut yang bisa digunakan untuk berbagai macam pembayaran sesuai dengan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan dompet digital.



Di zaman sekarang tentu saja sudah banyak orang yang beralih dari uang fisik ke uang digital. Dengan semakin mendukungnya perangkat hardware seperti smartphone dan juga perangkat software (aplikasi) untuk melakukan pembayaran secara digital.

Pada awalnya sih saya tidak terlalu tertarik untuk menggunakan dompet digital, tetapi setelah dipikir-pikir dengan banyak keuntungan (promo) dan juga memang butuh untuk dipakai ditambah lagi dengan kemudahan dalam melakukan transaksi, akhirnya saya menggunakannya. Dan pada akhirnya bertransaksi dengan menggunakan dompet digital sudah menjadi kebiasaan sampai sekarang.

5 Top aplikasi yang digunakan 

Sebenarnya sih saya hanya ingin tahu dompet digital (e-wallet) apa yang paling banyak digunakan. Apakah dompet digital yang saya gunakan juga digunakan oleh orang banyak. Saya menggunakan 3 dompet digital karena memang sering belanja di marketplace dompet digital tersebut.

Langsung saja, saya ambil data dari tabloid SWA edisi XXXVII. Dari hasil survei ke 478 responden didapatkan hasil bahwa dari sekian banyaknya aplikasi dompet digital ternyata ada 5 yang paling banyak digunakan.

  1. gopay (83,76%)
  2. OVO (81,44%)
  3. ShopeePay (51,74%)
  4. Dana (42,46%)
  5. LinkAja (34,34%)

Dari data tersebut ternyata responden menggunakan lebih dari satu e-wallet. Saya juga begitu. Saya menggunakan tiga e-Wallet. Meskipun hanya dua yang paling sering dipakai.

Alasan kenapa menggunakan dompet digital

Dari survei didapatkan 3 alasan utama kanapa menggunakan dompet digital.

  1. Memudahkan transaksi
  2. Kecepatan transaksi
  3. Program promosi yang menarik.

Saya sangat setuju dengan tiga alasan di atas. Saya merasa itu juga alasan saya kenapa saya menggunakan dompet digital. Ada lagi satu alasan yang penting menurut saya, kebutuhan. Dari dompet digital yang saya gunakan memang berhubungan dengan apa yang saya butuhkan untuk saya pakai.

Kebutuhan saya adalah untuk membayar transportasi maka sudah dapat ditebak dompet digital apa yang saya gunakan. Ada juga yang untuk belanja di marketplace. Dompet digital juga sudah bisa melayani pembayaran lainnya, pulsa, listrik, dll. tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhhan.

Dompet digital (e-wallet) yang saya gunakan ternyata masuk dalam 5 top aplikasi di atas. Dengan begini tentunya saya tidak perlu khawatir karena memang penggunanya banyak dan bisa digunakan untuk transaksi di banyak tempat.

Untuk memilih menggunakan dompet digital (e-wallet) yang mana, masing-masing orang punya alasannya sendiri. Menurut Saya kembali lagi ke kebutuhan dan kemudahan yang dirasakan masing-masing orang. Kebutuhan setiap orang memang berbeda-beda.

Sudahkah menggunakan e-Wallet?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here