Advertisement here

3 Cara Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja


Pilih mana? Bekerja dan produktif atau bekerja tapi tidak melakukan apa-apa? Mungkin kita pernah menjumpai kondisi tersebut. Ada yang bekerja dengan giat tetapi ada juga yang "gak ngapa-ngapain".
 
Dalam bekerja tentunya (saya) pernah merasakan untuk "gak ngapa-ngapain" juga merasa pengen tidur aja, pengen pulang, pengen kabur dari kantor. Mungkin karena malas, bosan, jenuh, tidak semangat, dsb.

Bekerja dan mencapai tingkat produktifitas yang tinggi tentunya keinginan dari semua orang yang bekerja (khususnya saya). Tetapi tidak jarang juga kita mendapatkan situasi malas, jenuh, tidak semangat.

Memang saat melaksanakan tugas, dan berhasil menyelesaikannya memberikan rasa puas tersendiri. Meskipun seringkali kejenuhan menghantui.

3 Cara Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja

Berbicara mengenai kejenuhan dalam bekerja, mungkin cara berikut ini bisa mengatasi kejenuhan dalam bekerja. Mungkin tips ini cocok untuk saya yang sering berada di depan komputer. Anda yang tidak bekerja di depan komputer mungkin menyesuaikan.

1. Tentukan Target Pekerjaan

Untuk memudahkan menentukan target pekerjaan sebaiknya Anda mencatatnya. Mungkin dengan membuat "to do list" atau semacamnya. Dengan begini akan menjadi terarah dan memiliki target. Mungkin anda harus membaca buku tentang produktivitas. Buku yang bisa dijadikan referensi adalah "Getting Things Done".

2. Buat Lingkungan Nyaman

Buat lingkungan yang nyaman yang bisa membuat anda berfokus pada hal yang sedang anda kerjakan. Minimalkan hal yang bisa mendistraksi dari pekerjaan yang sedang anda kerjakan. Buat lingkungan menjadi nyaman. Meja kerja anda, suasana kerja, dan juga dengan rekan kerja.

Menambahkan tanaman plastik pada meja kerja anda mungkin akan membantu menambah relaks, teduh, sehingga tidak terasa membosankan saat memandang meja kerja.

Menata meja kerja sedemikian rupa sehingga tampak rapi bersih dan teratur. Mana dokumen yang perlu akan kerjakan, sedang dikerjakan dan telah selesai dikerjakan. Pengorganisasian ini akan sangat membantu kenyamanan dalam bekerja. Peralatan kerja yang sering digunakan juga sebaiknya berada dalam jangkauan sehingga tidak mengganggu flow kerja saat sedang bekonsentrasi kerja.

Rekan kerja yang baik dan mendukung juga akan membuat betah untuk bekerja. So, berbuat baik kepada rekan kerja itu sangat penting, mungkin Anda bisa sesekali membelikanya makanan, dsb.

3. Pergi Keluar Sejenak

Jika sudah merasa bosan, atau jenuh, sempatkan berjalan sejenak keluar kantor, melihat pemandangan, atau melakukan hal baru atau kegiatan lainnya yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

Mengistirahatkan mata anda dengan melihat pemandangan sekitar, melihat keluar jendela, melakukan hal lain yang tidak berhubungan dengan layar komputer akan dapat melepaskan kejenuhan.

Berjalan ke lorong kantor atau pergi ke lobi sejenak agar anda bisa berjalan meregangkan otot kaki, punggung dan bahu Anda sehingga peredaran darah kembali lancar dan anda pun akan merasakan lebih segar.

Kesimpulan

Jenuh dan bosan, it's Okay. Sebuah hal yang wajar terjadi. Yang penting adalah bagaimana bisa keluar dari kejenuhan dan kebosanan tersebut sehingga kita bisa kembali produktif

Mungkin itu saja, 3 cara mengatasi kejenuhan dalam bekerja. Semoga bisa membantu meredakan kejenuhan dan kebosanan saat di kantor. Ada tambahan? Silahkan berkomentar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here