Advertisement here

Cara Membaca 52 Buku dalam Setahun


Ditengah kemalasan untuk membaca buku, saya sedang mencari cara untuk dapat membangkitkan kembali semangat saya dalam membaca buku.
 
Kemalasan ini terjadi karena alasan yang klasik saja, tidak punya waktu. Kenapa tidak punya waktu? karena tersita oleh pekerjaan dan hal lainnya (ini hanya alasan saja).

Untuk itu saya beberapa kali mencari hal yang dapat memotivasi dalam membaca dari orang yang sudah membaca banyak buku.

Saya mendapatkan beberapa video di youtube (saya lupa link-nya) dan mungkin ini bisa menjadi catatan yang akan membangkitkan semangat saya dalam membaca buku sehingga saya juga dapat membaca buku lebih banyak.

1. Buat Prioritas membaca saat ini juga

Prioritas ini sangat penting karena menjadi hal utama dan penting yang harus segera dilakukan dan dikerjakan. Memprioritaskan waktu untuk membaca, memasukkannya ke dalam jadwal Anda akan membantu mencapai target membaca yang selama ini tertunda.

Apapun hal penting yang akan dilakukan harus diprioritaskan. Buatlah daftar prioritas buku apa saja yang harus dibaca. Catat di dalam buku catatan Anda, di dalam aplikasi smartphone misalnya goodreads atau yang semacamnya.

2. Membaca dimanapun

Membaca buku bisa dilakuakan dimanapun. Saat sedang santai, disela-sela pekerjaan kantor atau perkerjaan rumah tangga, saat sedang istirahat, saat sedang dalam antrian, saat menunggu seseorang atau bahkan saat sedang di toilet.

Membaca bisa dilakukan diberbagai situasi dan kondisi. Toh Anda bisa juga membuka smartphone diberbagai kondisi di atas, demikian juga membaca.

Membaca buku saat ini sudah tidak telalu sulit. Banyak tersedia buku dalam bentuk digital yang akan sangat memudahkan untuk dibawa kemana-mana. Dengan begini, membaca dimanapun, dimana saja dan kapan pun bisa dilakukan.

3. Membaca dengan Cerdas

Jika ingin membaca buku lebih banyak, maka diperlukan cara untuk membaca. Ya cara membaca yang lebih efektif dan lebih efisien sehingga bisa memaksimalkan waktu Anda dalam membaca.
 
Untuk itu sangat penting sekali mempelajari cara membaca yang efektif dan efisien. Pelajarilah cara membaca cepat dan juga praktikkan membaca cepat tersebut.

4. Berhenti membaca buku yang tidak menarik

Terkadang saat kita membaca, kita merasa buku yang sedang dibaca tidak menarik dan membosankan atau mungkin kurang cocok dengan selera. Buku yang tidak menarik tersebut mungkin diluar ekspektasi sehingga saat membacanya kita tidak menemukan apa yang dicari dan diharapkan.

Yang harus dilakukan adalah berhenti saja membacanya. Ganti saja dengan buku lainnya yang lebih menarik.

5. Bacalah Sekarang

Jika menemukan sesuatu buku yang menarik bacalah sekarang dan segera, jangan  menunda. Bisa jadi hal yang anda anggap menarik saat ini belum tentu tetap menarik besok pagi. Bahkan akan ada buku baru yang lebih menarik lagi besok pagi.

6. Bacalah beberapa buku diwaktu yang sama

Membaca beberapa buku diwaktu yang sama saat ini sudah sangat mungkin dan mudah. Beberapa format buku selain buku fisik adalah ebook, audio book.

Anda bisa membaca beberapa halaman buku fisik saat santai, kemudian membaca (mendengarkan) buku audio saat sambil mengerjakan pekerjaan rumah atau saat sedang mengemudi dan saat dikantor Anda bisa membaca e-book di smartphone atau tablet.

Dengan segala kemudahan ini Anda bisa membaca dimana saja di dalam berbagai kondisi.

7. Buat catatan

Membuat catatan dari buku yang dibaca bisa dibilang cukup penting. Dengan catatan ini bisa tetap melacak kembali apa isi buku yang telah dibaca.

Apa saja hal penting atau setidaknya bisa mengingatken kembali poin penting yang ada di dalam buku yang telah dibaca tanpa perlu membaca dari awal.

Membuat catatan ini bisa dilakukan dengan membuat mind map, atau sekedar menandai poin penting pada buku atau menempelkan sticky note.

8. Buat tujuan dan target membaca

"Kenapa Anda membaca buku? Apa yang Anda cari?" Itu yang harus kita pertanyakan kedalam diri kita saat akan membaca buku. Ini seperti harus tahu tujuan Anda membaca. Seperti dalam perjalanan mau kemana tujuannya.

Selanjutnya, buatlah target membaca. Berapa banyak buku yang ingin Anda habiskan dalam satu tahun? tentunya harus di breakdown berapa lama waktu anda membaca per hari untuk dapat mencapai target tersebut.

Untuk lebih mudahnya, buat saja target membaca buku setiap harinya hanya 30 menit atau jika terlalu banyak buat menjadi 5 menit saja sehari untuk membaca buku. Dengan begini maka target membaca akan tercapai.


Demikian beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan acuan untuk diaplikasikan kedalam keseharian sehingga bisa mencapai target membaca buku lebih banyak dalam setahun.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here