Advertisement here

5 Hal yang perlu diperhatikan saat Membaca Buku


Membaca adalah keharusan bagi yang ingin menjadi penulis. Tentunya salah satu sumber bacan yang wajib dibaca adalah buku. Sering kali saya membeli buku tetapi tidak habis dibaca bahkan mungkin tidak dibaca sama sekali lengkap dengan plastik yang masih tersegel.

Hal yang perlu diperhatikan saat Membaca Buku

So, apa yang harus dilakukan jika memiliki kondisi seperti yang saya alami ini? Ini ada lima hal yang perlu diperhatikan saat membaca buku.

1. Atur Waktu Membaca, Jadwalkan

Tentu saja saat membaca buku harus mengatur waktu terlebih dahulu. Membacalah di waktu yang kosong atau di waktu yang sengaja dikosongkan. Mungkin dengan membuat jadwal membaca akan membantu untuk mengalokasikan waktu untuk membaca.

2. Hindari Gangguan

Jika sedang membaca buku fisik, alangkah baiknya mematikan smartphone, TV atau hal lain yang dirasa cukup bisa menggangu. Tidak hanya televisi dan smartphone, cahaya untuk membaca pun perlu diperhatikan. 
 
Jangan menggunakan lampu yang terlalu terang karena akan mengganggu mata juga. terlalu silau. Pilihlah lampu penerangan yang cukup untuk bisa melihat teks dengan nyaman. Saya pribadi lebih suka dengan lampu berwarna kuning karena terasa lebih nyaman. Mungkin sebuah lampu LED dengan daya 3-4 Watt sudah cukup.

3. Baca 15-20 Menit

Mulai dengan yang ringan. Santai saja. Cukup dengan waktu yang sebentar saja sebagai permulaan 15-20 menit. Ya cara ini bisa dibilang sebagai "ngemil buku". Tidak perlu di "makan" langsung semua. Sedikit-sedikit saja.

Dengan cara begini pikiran kita tidak akan menolak kegiatan membaca karena hanya sebentar dan bukan hal yang berat. Jika sudah terbiasa dan dirasa kurang waktunya, bisa ditingkatkan lagi interval waktunya menjadi 30 menit atau bahkan lebih.

4. Aktifkan Blue Light filter, atau kacamata Anti Radiasi

Ini perlu diperhatikan jika membaca menggunakan smartphone atau di layar komputer. Sinar biru yang dipancarkan dari layar smartphone, monitor komputer dan juga laptop akan membuat mata cepat lelah. 

Hal ini akan membuat kenyamanan membaca terganggu dan sering kali membuat mata terasa perih. Dan buyarlah konsentrasi membaca.

Dengan mengaktifkan blue light filter smartphone dan juga menggunakan kacamata anti radiasi sinar biru diharakan akan dapat mengurangi paparan sinar biru yang masuk ke dalam mata. Dengan begini mata bisa lebih nyaman dan membaca pun bisa lebih lama.

5. Membaca setelah Sholat Subuh

Membaca diwaktu pagi memang lebih baik. Tentunya dengan syarat tidur malam sudah tercukupi. Biasanya saya membaca saat setelah sholat subuh, berzikir dan berdoa.

Membaca kitab suci Al Quran sudah menjadi keharusan. Setelah itu dilanjut dengan membaca buku yang memang ingin dibaca. tidak perlu lama-lama membacanya, sekitar 20 menit sudah cukup. Ya waktu ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Karena saya harus membagi waktu untuk berolahraga dan persiapan ke kantor.

Kenapa membaca di waktu pagi? Waktu pagi memang waktu dimana tubuh kita sedang dalam kondisi fresh. Pikiran juga masih dalam kondisi tenang sehingga akan sangat baik jika digunakan untuk membaca atau belajar. Dengan kondisi yang tenang ini akan labih mudah menyerap dan memahami isi buku bacaan.

Kesimpulan

Membaca buku adalah penting. Seringkali kita ingin membaca buku untuk mendapatkan informasi dan juga untuk menghabiskan seluruh buku tersebut. Dengan mengatur waktu membaca, mengeliminasi gangguan akan sangat membantu menamatkan buku yang kita baca.

Demikian tips yang bisa saya bagikan. Mungkin tidak semua orang bisa menggunakan tips ini. Silahkan disesuaikan saja. Jika ada yang perlu ditambahkan silahkan menambahkan dikolom komentar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here