Advertisement here

Cara Meningkatkan Minat Baca

 
JIka ingin menjadi seseorang yang lebih baik, membacalah. Membaca sebenarnya sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. TIdak perlu diragukan lagi, membaca adalah urat nadi dalam kehidupan. Yang menjadi pertanyaan adalah apa yang dibaca.

Sebagian besar masyarakat suka membaca. Di dalam smartphone mereka ada banyak hal yang bisa menjadi bahan bacaan, salah satunya pesan dan media sosial. Mereka sangat rajin membaca bukan? Bagaimana dengan membaca buku? Tunggu dulu, tidak semua orang berminat untuk membaca buku. Tidak ada waktu untuk itu dan juga terlalu merepotkan, tidak enak juga dilihat orang, kayak orang pintar saja.

Memangya berapa banyak orang yang berminat membaca buku? Lihat saja disekeliling lingkungan kita, Anda akan tahu sendiri jawabannya. Ya memang minat membaca buku cukup rendah, hanya ada satu dari seribu orang yang memiliki minat membaca buku yang tinggi. Untuk itu dibutuhkan sebuah langkah untuk menigkatkan minat membaca buku.

1. Kesadaran diri
Mulailah menyadari bahwa untuk menjadikan diri lebih baik adalah dengan membaca.
Kesadaran yang timbul didalam diri ini tentu akan menjadi penggerak yang penuh dengan kekuatan untuk membangkitkan motivasi dan minat membaca. Menjadi orang yang lebih baik harus membaca. Ingin memberikan kebaikan kepada orang lain, harus membaca.

2. Membeli buku
Setiap orang pasti punya kegemaraan, kesukaan, hobi. Untuk menumbuhkan minat membaca bisa dimulai dari hal yang disukai. Sempatkan membeli buku tentang hal yang disukai tersebut, meskipun tidak tahu kapan akan dibaca. Sepengelaman saya, jika saya menyukai sesuatu, saya akan mencari informasi untuk memperdalam pengetahuan saya tentang kesukaan saya tersebut termasuk dengan membeli buku. Dan buku tersebut selalu saya baca.

3. Menjadwalkan Membaca
Membuat pengaturan waktu untuk membaca buku akan memudahkan jika hendak membaca. Bagaiman nanti jika malas dan jadwal tidak dipenuhi atau tidak dilakukan? Mudah saja jadwalkan ulang. Oh iya, waktu membaca tidak perlu lama, cukup 15 menit saja. Tatapi jika sudah ketemu dengan buku yang disukai, 15 menit adalah waktu yang kurang lama. Mungkin anda akan membaca lebih dari 2 jam sehari.

4. Manfaatkan waktu senggang
Sebenarnya waktu yang paling banyak dimiliki adalah waktu senggang. Senggang disini yang saya maksud adalahwaktu yang tidak produkti misalnya saat perjalanan ke kantor, saat terkena macet, saat menunggu antrian, dsb. Silahkan dihitung sendiri berapa banyak waktu senggang yang mungkin terbuang percuma karena tidak diisi dengan hal yang bermanfaat. Memanfaatkan waktu senggang untuk membaca akan menjadikan anda lebih produktif, lebih mendapatkan manfaat dari pada diam menunggu dan tidak melakukan apa-apa.

5. Membuat daftar buku yang ingin dibaca
Setelah membeli buku kegemaran atau hobi, mungkin anda akan mulai menyadari bahwa anda membutuhkan buku untuk menunjang karir anda, untuk menunjang pekerjaan atau bahkan untuk menyelesaikan kuliah anda. Dari kegemaran atau hobi dan juga dari kebutuhan karir atau studi, tentunya anda punya keinginan untuk mencari buku yang bisa membantu anda menyelesaikan tugas kantor atau kuliah. Sangat perlu dibuat daftar buku yang ingin dibaca.

6. Membaca cepat
Dengan keterbatasan waktu yang hanya 24 jam, dan banyaknya tuntutan dalam kehidupan baik dalam dunia kerja, sekolah dan kuliah, yang membutuhkan pemahaman informasi yang cepat, tentunya membutuhkan kecepatan dalam membaca dan menyerap informasi. Membaca dengan cepat bisa dilakukan dengan mempelajari cara membaca cepat. Tidak mudah memang, tetapi bisa dilakukan.

Mungkin hanya ini sesuai pengalaman saya yang masih berusaha untuk menumbuhkan minat membaca dalam diri saya dan menjadikannya suatu kebiasaan. Jika ada tambahan hal apa saja yang perlu dilakukan untuk menumbuhkan minat membaca, silahkan berkomentar.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here