Advertisement here

Mulai Menulis dari Blog


Darimana Mulai Menulis?

Menulis itu sulit. Bahkan menulis itu sangat sulit. Saya bahkan tidak bisa menuliskan apa-apa saat sya memiliki blog pertama kali. Menulis bagi sebagian orang sudah merupakan hal yang biasa.

Beberapa orang menulis kegiatan keseharian mereka di buku catatan, buku harian (disebut Diary). Itu pada masa jaman masih sekolah dulu. Waktu itu saya berfikir mengapa menulis buku harian? Bukankah itu sia-sia, toh tidak menulis di buku harian juga tidak apa-apa, tidak ada efeknya.

Beberapa tahun kemuadian saat saya telah bekerja, saya merasa apa yang dilakukan teman-teman saya pada masa sekolah dulu itu adalah seuatu hal yang benar. Menulis pada buku harian ternyata memberikan banyak manfaat salah satunya adalah membiasakan menulis. Saat itu saya tidak menulis buku harian. Saya mulai menulis saat megenal blog.

Mulai Menulis dari Blog

Saat mengenal blog, saya langsung mencoba membuat blog, meskipun saya tidak tahu saya akan menulis apa. Saat itu sedang populer tentang blog hingga banyak yang menyediakan layanan blog gratis.

Blog yang saya buat kosong tidak ada arikelnya dan kalaupun ada tulisannya hanya ada tulisan satu paragraf saja. Tidak tahu harus menulis apa, itulah yang ada dipikiran saya.

Ditambah lagi saya orangnya pemalu untuk menunjukkan diri meskipun melalui tulisan. Saya juga takut tulisan saya jelek dan tidak berguna.

Seiring dengan berjalannya waktu saya mulai memberanikan menulis, mulai belajar menulis, bagaimana menulis itu. Blog yang saya buat pun menjadi “buku harian” saya meskipun tidak setiap hari menulis di blog.

Saya mulai menuliskan apa-apa yang saya sukai, apa yang saya pikirkan, dan hal-hal lain yang sekiranya perlu saya tulis. Dan bahkan saya ingin menulis tentang banyak hal di blog saya.

Saya juga membuat blog personal saya dengan menggunakan blog gratisan. Saat itu banyak yang menyediakan layanan blog gratis selain google dan wordpress.com. Disamping membuat blog personal saya juga membuat blog tentang komputer dan teknologi yang merupakan hobi saya.

Manfaat Menulis di Blog

Menurut saya, menulis di blog memberikan banyak manfaat kepada penulisnya. Diantara manfaat yang saya rasakan adalah:

1.Menyampaikan Ide

Menyampaikan ide dan berpendapat bagi saya adalah hal yang sulit. Saya tidak terlatih untuk itu. Dengan menuliskan ide dan menyampaikannya dalam bentuk kalimat ternyata lebih mudah bagi saya sehingga saya bisa menjelaskan ide tersebut kepada pembaca.

Menulis adalah sesuatu hal yang menyenangkan yang tidak saya sangka saya bisa melakukannya. Secara jangka panjang efek menulis ini mejadikan saya lebih berani menyampaikan ide gagasan atau berargumen baik secara lisan atau tulisan.

Jadikan blog sebagai tempat menulis. Tuliskan tentang apapun yang ada dipikiran anda yang menjadi ide anda yang layak dibagikan dan bisa menimbulkan kebaikan untuk orang banyak. Dengan begini ide anda tidak hanya untuk diri anda sendiri tetapi bisa dibagikan dan dibaca oleh orang banyak.

2.Disiplin

Menulis di blog itu menjadikan saya lebih berdisiplin dalam meng-update konten blog. Ini adalah suatu hal yang wajib bagi seorang blogger. Karena harus menulis secara rutin untuk mengupdate blog  maka berdisiplin menulis dan juga membaca.

Membuat deadline untuk update artikel, misalnya satu hari satu artikel atau seminggu dua artikel, maka saya harus segera mulai menulis. Jika tidak maka target satu hari satu artikel tidak akan tepenuhi.

3.Manajemen Waktu

Menulis membutuhkan ide. Ide didapatkan dari sekitar kita baik dari membaca buku, berinteraksi dengan teman, mendengarkan musik dll. Merangkaikan ide tersebut dalam bentuk tulisan juga membutuhkan waktu.

Pengaturan waktu menulis juga perlu diperhatikan misalnya dengan membuat jadwal menulis. Mengalokasikan waktu tertentu untuk menulis akan sangat membantu kelancaran proses menulis.

Biasanya saya mulai menulis disaat sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Saya juga  selalu berusaha menulis disaat saya sedang ada waktu kosong. Entah itu hanya sekedar menuliskan ide, atau hanya menuliskan judul artikel yang akan saya buat.

4.Berlatih Menulis

Dengan menulis di blog anda bisa melatih diri anda untuk menulis. Syukur-syukur bisa menulis secara rutin, setiap hari. Semakin sering dan rutin menulis maka anda akan semakin terasah. Jika sudah terlatih menulis setiap hari, membuat artikel untuk blog, artikel untuk koran dan bahkan menulis buku pun akan bisa anda lakukan.

Menulis di blog melatih menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Selain itu kedisiplinan dalam menulis dan secara tidak langsung juga akan berpengaruh terhadap aktifitas keseharian anda secara keseluruhan. Tentunya dalam menulis blog anda memerlukan bahan untuk ditulis, diracik, diramu, dimasak dan disajikan kepada pembaca.

Mau tidak mau anda harus memikirkan ide tulisan, bagaimana menulisnya dan kapan waktu menulisnya. Anda juga harus menyinkronkan dan menyesuaikan dengan waktu menulis dengan waktu kuliah, atau bekerja. Seluruh aktifitas ini akan memberikan dampak positif kepada kepenulisan anda.

Kesimpulan

Menulis di blog sampai saat ini tetap saya lakukan walapun tidak terlalau konsisten. Saya bukan manusia yang full menulis di blog. Saat saya mulai aktif menulis di blog, saat itu juga saya sedang kuliah. Dan saat saya sudah bekerja, saya masih juga aktif menulis di blog.

Menulis di blog adalah sebuah langkah awal yang baik bagi siapaun yang ingin mulai menulis. Belajar menulis, lebih tepatnya praktik menulis secara terus menerus dan konsiten maka anda akan mencapai apa yang menjadi tujuan anda menulis.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here