Advertisement here

Apa itu Motivasi?


Saat saya merasa lelah, saat merasa down, saat sedang jatuh, seringkali saya mengharapkan motivasi. Sebenarnya apa motivasi itu? 

Apa itu Motivasi?
Motivasi, sesuatu hal yang membuat saya bergerak, membuat saya dan anda melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi itu berasal dari kata motif yang berarti dorongan. Kita di dorong oleh sesuatu hal untuk melakukan sesuatu hal yang lain sehingga dapat mencapai tujuan tertentu.

Sumber Motivasi
Motivasi bisa datang darimana saja. Untuk lebih mudahnya kita golongkan menjadi dua saja. Motivasi bisa datang dari dalam diri sendiri yang juga disebut motivasi internal. Motivasi bisa juga datang dari lingkungan sekitar atau biasa disebut motivasi eksternal.

Motivasi Eksternal
Kita hidup tidak sendirian. Kita hidup didalam suatu lingkungan yang mana lingkungan tersebut akan mempengaruhi kita dalam banyak hal. Terkadang lingkungan sekitar bisa melemahkan kita sampai titik terendah dan terkadang juga bisa memberikan dorongan yang sangat kuat. 

Pada umumnya kita sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan. Jika berada dilingkungan yang positif, maka kita akan menjadi positif, demikian juga sebaliknya jika berada dilingkungan yang negatif maka kita akan sangat meudah menjadi negatif juga.

Sederhananya adalah kita dipengaruhi oleh orang disekitar kita, orang yang dekat dengan kita, baik itu orang tua, teman, saudara dan siapa pun yang ada disekitar kita. 

Seringkali saat kita melakukan sesuatu hal dan hal tersebut kita sampaikan pada orang tua atau orang yang dekat dengan kita dan kita pecayai. Respon yang kita dapatkan adalah pendapat yang melemahkan kita untuk melakukan hal tersebut. Padahal yang akan kita lakukan adalah sesuatu yang baik, tidak melanggar hukum dan tidak merugikan orang lain. Dan apa yang terjadi setelah mendapatkan saran pendapat yang melemahkan tersebut? Kita tidak jadi melakukannya kita tidak punya dorongan untuk mengerjakannya, kita tidak memiliki motivasi lagi.

Bagaimana jika sebaliknya, kita mendapatkan respon positif dari orang tua, kawan, saudara? So pastinya kita menjadi lebih termotivasi. Motivasi kita naik berkali-kali lipat, naik menjadi 1000%. Dan kita semakin yakin untuk melakukan hal tersebut.

Motivasi yang berasal dari lingkungan ini menurut saya lebih terasa kuat tetapi juga dapat dengan cepat melemahkan dan menghilangkan motivasi. 

Motivasi Internal
Motivasi internal ini berasal dari dalam diri tentu saja segala aspek dalam diri berperan dalam menentukan dan mempengaruhi motivasi kepada diri kita. Kondisi kesehatan, kondisi fisik, cara pandang terhadap suatu hal, pengetahuan, pemahaman, kondisi psikologis, dll., akan dapat berpengaruh pada motivasi misalnya motivasi kerja. 

Saat sedang sakit apakah anda akan termotvasi untuk bekerja? Tentu saja motivasi kerja anda akan turun. Saya pun merasakan demikian saat merasa tidak fit (kurang sehat), tetapi sebaliknya jika saya sehat, saya sangat termotivasi untuk menyelsaikan banyak hal di kantor. Demikian juga dengan hal lainnya.

Yang paling harus dikuatkan dan konsisten sebenarnya adalah motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri. Kenapa harus menguatkan motivasi dalam diri? Ya, karena kita bisa mengontrol diri kita sendiri. Yang paling penting adalah menjaga hal yang bisa mempengaruhi motivasi internal kita. Jaga fisik tetap sehat dengan berolahraga dan makanan sehat serta istirahat yang cukup. Tingkatkan pengetahuan dan pemahaman atas segala hal yang kita hadapi sehingga kita bisa melihat permasalahan dari berbagai macam sudut pandang yang mana akan menghindarkan kita dari pelemahan motivasi.

Motivasi Yang Terbaik
Terus bagaimana dan dimana motivasi terbaik? Lingkungan disekitar selalu berubah kondisi, situasi, orang-orang, dll. Kita, diri kita juga berubah. Tetapi yang paling bisa kita kontrol adalah diri kita sendiri. 

Kita bisa mengontrol pikiran kita, mengaturnya, dan memasukkan pengetahuan dan pemahaman baru. Kita bisa melatih fisik kita lebih sehat sehingga bisa lebih bersemangat. Tetapi kita tidak bisa menyuruh orang lain untuk sesuai dengan keinginan kita, kita tidak bisa mengubah lingkungan sekitar seperti apa yang kita kehendaki.

Menurut saya, motivasi dari lingkungan sekitar itu perlu, tetapi juga penting memperkuat motivasi internal. Temukan Motivasi terbaik anda sendiri.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here