Advertisement here

Cara Memilih Buku yang Tepat Untuk Anda Baca


Apakah Anda adalah termasuk orang yang hobi membeli buku? Apakah buku yang Anda beli tidak tuntas Anda baca? Atau bahkan masih tersegel plastik dengan rapi dan masih terlihat baru? 

Ya. Salah satu orang yang termasuk dalam kategori suka lebih suka beli buku dari pada membacanya adalah Saya. Saya sangat mudah tertarik untuk membeli buku karena buku tersebut menarik dari segi desain cover, judul buku, ringkasan buku, dan juga terkadang saya lihat review buku tersebut cukup bagus.

Terkadang saya juga membeli buku karena saya berfikiran saya membutuhkan buku tersebut saat ini. Sering juga saya membeli buku karena saya merasa bahwa saya suatu saat nanti akan membutuhkan buku tersebut.

Salah satu alasan kita terus menerus membeli buku adalah kita tidak memiliki kejelasan apa buku yang perlu kita baca sesuai dengan tujuan. 

Sebenarnya bagaimana sih memilih buku yang tepat untuk dibaca, sehingga dari setiap buku yang dibeli tersebut dapat berdampak dalam kehidupan. Buku yang dibeli memang harus dapat memberikan dampak meskipun dampak tersebut hanya sekedar menghibur diri saja (pada buku fiksi).

1. Sebelum membeli buku harus ditentukan terlebih dahulu target skill apa yang ingin dicapai misalnya saya ingin belajar public speaking. 

2. Kemudian saya akan menentukan buku tentang public speaking apa dan yang berhubungan dengan hal tersebut. Saya biasanya mencari judul buku melalui internet dan melihat informasi tentang buku tersebut dan juga membandingkannya, buku mana kira-kira yang lebih lengkap dan bisa memberikan saya informasi yang saya butuhkan. Disini saya lakukan tinjauan awal pada buku mulai dari halaman belakang (cover belakang) dan daftar isinya. Biasanya mencari informasi buku melalui internet lebih mudah dan lebih nyaman.

3. Pergi ke toko buku dan membeli buku sesuai dengan topik atau sesuai judul buku yang telah ditentukan sebelumnya sehingga langsung to the point dan tidak terdistraksi dengan judul buku yang bermacam-macam saat di toko buku.

Jika belum menentukan judul bukunya, tidak apa-apa langsung ke toko buku. Saat di toko buku yang perlu dilakukan adalah cari judul buku melalui katalog biasanya sudah menggunakan komputer. Lakukan tinjuan awal mulai dari halaman belakang (cover belakang) dan daftar isi. Dengan begini anda dapat melihat dan menentukan apakah buku ini tepat sesuai dengan target dan tujuan anda.

Jika buku tersebut tidak sesuai, anda tidak perlu membelinya. Terkadang saya saat di toko buku dan menemukan buku yang bagus tetapi saya tidak membutukannya saat itu. Saya sering berfikiran kalau mungkin buku ini suatu hari akan saya butuhkan dan saya harus segera membelinya. 

Seharusnya saya tidak membelinya karena saya membutuhkan buku tersebut suatu hari nanti, bukan saat ini dan suatu hari tesebut belum tentu datang dan dapat dipastikan buku tersebut akan menumpuk dan tidak dibaca. Dan itu terjadi pada saya.

Kesimpulannya..
Beli buku yang dibutuhkan saat ini saja. Jika Anda merasa akan membutuhkan buku tersebut suatu saat nanti, anda tidak perlu membelinya (jika mau membelinya juga tidak apa-apa, toh uang Anda sendiri).
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here