Advertisement here

Menumbuhkan Minat Membaca dengan Mengkoleksi Buku


Minat baca yang rendah, memang menjadi masalah tersendiri di negara kita, bahkan masalah tersebut juga menjadi bagian erat dari diri kita. Untuk menjadi seseorang yang lebih baik, lebih berilmu, lebih kaya akan pemikiran, kaya ide maka dibutuhkan membaca buku. Tentunya menjadi seseorang yang lebih baik itu menjadi keinginan banyak orang, tetapi banyak juga yang tidak dapat mencapainya. 

Minat membaca pada diri kita perlu di-upgrade sehingga kita bisa lebih bersemangat lagi dalam membaca buku. Saya menyadari bahwa memang perlu banyak membaca agar dapat menjadi lebih baik, lebih bisa menyelesaikan pekerjaan di kantor, menyelesaikan tugas kuliah dan menghadapi kehidupan ini secara baik.

Dalam meningkatkan dan menumbuhkan minat membaca bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara menumbuhkan minat membaca untuk saya pribadi adalah saya membeli dan mengkoleksi buku. Saya membeli buku yang sesuai dengan minat saya, dan juga kebutuhan saya. Beberapa buku novel, dan buku non fiksi seperti buku pengembangan diri, saya beli setiap bulan meskipun saya tahu saya belum tentu juga akan membacanya. Satu hal yang saya yakini adalah saya akan membaca buku tersebut. 

Untuk menampung buku yang saya beli tersebut, saya bahkan membuat (membeli) rak buku khusus karena saking seriusnya saya ingin membaca buku dan tidak hanya sekedar membaca tetapi juga saya ingin menjadikannya kebiasaan sehari-hari. Rak buku tersebut hanya rak buku sederhana yang bisa melindungi buku saya dari debu, kotoran dan agar dapat tertata rapi. Dengan begini serasa ada perpustakaan di rumah.

Sampai saat inipun saya masih suka membeli buku. Meskipun frekwensi pembelian sudah saya kurangi menjadi 2 bulan sekali. Terkadang saya  suka kambuh membeli lebih dari satu buku tiap bulan karena saya melihat buku yang menurut saya bagus. Hal inilah yang mempercepat rak buku menjadi penuh. Dengan semakin penuhnya rak buku ini maka saya benar-benar harus melakukan teknik membaca cepat.

Bagaimana menentukan buku yang layak dibeli? apa saja yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan? Biasanya saya membelibuku memang karena kesukaan saja dan juga kebutuhan. Ini adalah faktor utama yang membuat saya memutuskan untuk membeli buku atau tidak. Setelah itu saya cek apakah buku tersebut sesuai dengan yang saya harapkan dengan cara membaca review buku di internet.

Ok, saya kira itu saja, bagaimana mengkoleksi buku dapat meningkatkan (memaksa) minat baca saya. Saya memang sengaja memaksa diri saya untuk membaca dengan mengkoleksi buku dan membuat perpustakaan di rumah. Meskipun saya memaksa diri saya tetapi  mengkoleksi buku  adalah kesenangan saya dan saya tetap bisa membaca dengan menyenangkan. Yang saya ini berhasil meningkatkan minat baca saya tetapi bagaimana dengan anda? Silahkan berkomentar di bawah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here